Cara Membuat Jus Buah Bit Untuk Membuang Racun Tubuh

Buah bit (beetroot) mungkin belum begitu populer di kalangan masyarakat indonesia. Karena memang tanaman sayur ini berasal dari Amerika Utara. Salah satu cara mengolah bit adalah dengan menjadikan minuman kesehatan seperti jus buah. Banyak sekali manfaat buah bit untuk kesehatan, mulai dari melancarkan pencernaan, membantu produksi sel darah sampai membasmi sel tumor dan kanker. Itulah kenapa resep jus beetroot ini banyak dicari orang.

gambar buah beetroot

Akar tanaman bit, dikenal dengan nama beetroot


Meskipun cara membuat jus buah bit bisa dikatakan mudah dan sederhana, anda mungkin akan kesulitan mendapatkan umbi berwarna merah tua ini. Bentuk fisiknya seperti tanaman bawang dengan akar yang menyelimutinya dan bagian yang bisa dibuat minuman jus adalah akar umbinya. Memang benar budidaya tanaman sayur bit (beet plant) sudah dimulai di indonesia, namun ada kemungkinan hanya pasar modern yang menyediakan umbi bit merah.

Bagi anda yang ingin mendapatkan khasiat alami yang terkandung di dalamnya namun tidak tahu cara mengolahnya, ada baiknya anda mencoba membuat jus bit. Berikut ini beberapa manfaat yang akan diperoleh jika anda rajin memakan olahannya :

  1. Besarnya kandungan zat besi dalam buah bit bermanfaat untuk mengatasi masalah kurang darah seperti lemas, tidak berenergi dan anemia.
  2. Kandungan seratnya juga berkhasiat dalam mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar maupun kecil.
  3. Khasiat buah bit bagi kesehatan organ hati dapat dilihat dari kemampuannya untuk membersihkan racun yang mengendap di empedu maupun ginjal (detoks).
  4. Konsumsi buah bit mampu menimbulkan perasaan rileks sekaligus meningkatkan stamina.
  5. Melenturkan pembuluh darah dan jaringan otot.
  6. Bermanfaat untuk menghancurkan sel tumor serta sel kanker dalam tubuh.
  7. Membantu memproduksi sel-sel darah merah sehingga badan tetap fit, sehat bertenaga.
  8. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi secara teratur.


Kandungan gizi dan fitokimia dari 100 gram beetroot

vitamin dalam akar beet

Selain diolah sebagai jus buah, anda juga bisa merebus beetroot hingga lunak kemudian cuci dengan air mengalir sambil dikupas kulitnya. Setelah kulit buah terkelupas, anda bisa mengolahnya menjadi asinan, sup atau bahan salad.

Bagi anda yang sedang mencari buah bit atau bahkan benih beetroot untuk usaha budidaya tanaman, silahkan menghubungi rekan kami Ayu Rochmawati (0857-120-44-163), PIN BB 76B76768


Cara Mengolah Buah Bit Menjadi Jus Sehat

1. Jus bit original
Bahan-bahan :
gambar jus bit merah
  • Buah bit ukuran sedang
  • Dua gelas air putih
  • Es batu secukupnya

Cara membuat :
Cuci buah dengan air mengalir, kupas kulitnya memakai pisau lalu belah menjadi beberapa bagian. Masukkan ke dalam blender bersama air putih. Blender sampai halus. Anda juga bisa menambahkan es batu jika diinginkan.

2. Jus bit cinnamon
Bahan-bahan :
gambar juice bit campur kayu manis
  • 300 gram buah bit, kupas & potong-potong
  • 1 sdt kayu manis bubuk

Cara mengolah :
Masukkan bit ke dalam juice extractor. Proses hingga keluar sari buahnya, tampung dalam gelas. Tambahkan kayu manis bubuk. Aduk rata dan sajikan segera.


Resep Jus Buah Bit Campur Kurma

 
Resep membuat jus buah bit
Persiapan
5 menit
Pengolahan
10 menit
 
Resep untuk : 1 porsi
Bahan-bahan :
  • 100 gram bit
  • 3 buah kurma
  • 1 sdm yoghurt tawar (jika ada)
  • 2 sdm sirup gula
  • 150 ml air matang
Cara membuat :
  1. Cuci bersih buah bit, kupas kulitnya lalu potong-potong.
  2. Kurma di buang bijinya.
  3. Masukkan semua bahan ke dalam blender, proses hingga halus.
  4. Tuang ke gelas, sajikan segera selagi segar.
Catatan :
Jika memungkinkan, pilih bahan beetroot yang masih segar agar kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya bisa diperoleh secara maksimal.

0 Response to "Cara Membuat Jus Buah Bit Untuk Membuang Racun Tubuh"

Posting Komentar